Pendekar “Bugis” Akhirnya Lengser

Abdullah Badawi atau yang akrab dipanggil pak Lah oleh orang dekatnya, akhirnya mundur juga dari kursi Perdana Menteri dan Presiden UMNO, partai politik terbesar di Malaysia. Kakeknya adalah asli orang Bugis, tetapi ia lahir di Penang.

Perdana Menteri Malaysia, Abdullah Ahmad Badawi, tiba di Istana Negara, Kuala Lumpur, untuk menyampaikan pengunduran dirinya kepada Sultan, Kamis 2 April 2009. Maka resmilah ia pensiun sebagai Perdana Menteri. Padahal Partainya tidak sampai kalah, hanya terjadi penurunan perolehan suara dan kursi di parlemen. Tapi ia memilih mundur, memberi kesempatan kepada yang lain.

“Badawi telah menemui raja selama dua jam. Badawi mengajukan pengunduran diri dan menyerahkan jabatan kepada wakil perdana menteri Najib Razak,” kata sumber yang tidak mau disebut namanya seperti ditulis laman Channel News Asia.

Pemerintah Malaysia juga telah memberikan pernyataan resmi mengenai suksesi kekuasaan ini. Perdana menteri baru, Najib Razak, disumpah pada hari Jumat (3/4), juga hadir dalam pertemuan antara Badawi dengan raja.

Badawi juga telah menyerahkan kursi kepemimpinan partai penguasa United Malays National Organisation (UMNO) kepada Razak, dalam kongres nasional UMNO pekan lalu.

Badawi mengumumkan rencana pensiunnya pada Oktober 2008 setelah diterpa kritik seputar pemilihan umum tahun lalu. Hasil pemilu itu merupakan yang terburuk sepanjang sejarah UMNO yang telah memimpin sejak kemerdekaan Malaysia, 1957 silam. Oposisi berhasil mendapat satu per tiga kursi di parlemen dan memerintah di empat negara bagian.

Itu baru pendekar Bugis sejati….Walaupun ibunya berasal dari Cina, tetapi darah Bugisnya masih sangat kental mengalir di tubuhnya. Partai UMNO tidak saampai kalah Lho ya…. hanya terjadi penurunan suara Lho ya…. Tapi ia memilih untuk mundur…. Kenapa ? Itulah darah Bugis yang asli… walau sudah tercampur darah Cina, tapi semangat Bugis itu yang harus ditiru oleh siapapun juga.

Bagaimana dengan pendekar Bugis yang ada di Indonesia ?

Semoga Bermanfaat


Muhammad Iqbal M

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Alvaro AlanoTemplate by : Bugis777Powered by Blogger