P. BUNGADEA ARUNG BUTTU

LA TANRO II P. BUNGADEA ARUNG BUTTU ENREKANG KE. V (ABAD XVIII M.)

BERISTERI DI LATANG MENGKENDEK TATOR DAN BERISTERI DI SENGKANG

La Tanro II Arung Buttu Enrekang V, adalah anak La Tanrang Arung Buttu Enrekang IV, La Tanro II juga bersaduara dengan Sawia P. Bosso isteri Wellangrungi Arung Batulappa yang kemudian kawin lagi yang kedua kalinya dengan Pabbicara Bampe Sidenreng yang kemudian hasil perkawinannya dengan Bampe Pabbicara Sidenreng melahirkan anak bernama Sossong P. Panennong Bila Batulappa dan Salowong P. Janggo Bungi Batulappa.

La Tanro II Arung Buttu Enrekang juga keturunan Tomaraju Arung Buttu Enrekang I dari isterinya Lando Rundun Arung Makale. La Tanro II Arung Buttu Enrekang V, tercatat beberapa kali kawin, diantaranya di Enrekang, kemudian kawin lagi di Latang Mengkendek Tator, ketika dia disana dia tinggal di Sillanna selama tiga bulan dalam rangka mendamaikan perang saudara di Tator ketika itu, usaha mendamaikan perang saudara itu beliau dibantu dari kerajaan Luwu.

Setelah misi perdamaian itu selesai dia dan rombongannya kembali ke Enrekang, dan perempuan yang diperisterikan di sana juga dibawanya pulang ke Enrekang, isterinya itu bernama Lai Ranni atau biasa dipanggil Simangangan, dia tinggal di Randangan Enrekang. Beberapa orang pengikutnya membuka lahan perkebunan di Pocong Batili. Lalu kemudian tanah garapan tersebut dikuasai oleh La Tanro P. Janggo Kadhi/Arung Buttu Enrekang XVI, karena bersama dengan isterinya dia mengolah tanah perkebunan tersebut menjadi tanah sawah.

Keturunan isterinya yang dari Tator Simangngan Lai Ranni berada di daerah Enrekang, Batulappa, Kassa, Binuang Polmas, karena keturunannya Paropo Puang Panette ke Binuang, Kassa, Lampa dan beliau menikah disana.

TAHUN 1736 M. LA TANRO II PUANG BUNGADEA ARUNG BUTTU ENREKANG V. KE SENGKANG WAJO
Suatu ketika utusan raja Bone ke Enrekang untuk meminta bantuan, karena La Maddukalleng Arung Sengkang Wajo sedang berperang melawan pasukan Tellu Poccoe (Bone – Wajo – Soppeng), pada waktu La Tanro Arung Buttu Enrekang V, merangkap jabatan Arung Enrekang, karena Muh. Yusuf Puang Daeng Arung Enrekang ke VII sedang sakit jiwa dan sedang berobat di Kampung Kaluppini,

Karena permohonan raja Bone tersebut, maka La Tanro II Arung Buttu Enrekang V, mempersiapkan diri untuk berangkat ke Sengkang Wajo untuk mengadakan perdamaian antara kedua kelompok yang sedang berperang di Wajo. Setelah semuanya siap berangkatlah mereka dengan beberapa orang, turut juga dalam rombongan itu ialah Andi Toalala yang memperisterikan anak Sulewatang Gilirang Wajo, mereka berjalan siang dalam malam.

Sesampainya disana, ia pun langsung mengadakan pertemuan dengan pembesar kerajaanTellu Poccoe, dan berkata :
“ ENGKANA PADUPPAI ADA PURAE NASITAROI BONE NA ENREKANG, RIMAKKADANNA BONE DUA UPASEBBIKO IKO SIAJIKKU RI ENREKANG. NAREKKOI CEPPA TELLANNA BONE IAREGA TAGALAI SAMPARAJA BONE. NAIYYA MADDUPAI USEDDING IYATONA UENGKA RUPAIWI ADANNA TORIOLOTA MAKKUTANAKA RI TALLU POCCOE MAKEDA NIGARO MEWAI TALLU POCCOE NASABA LUWU NA GOWA WEDDING MEWAI TELLU POCCOE NASABA PADA-PADA RAJANNA."

La Salewatang Arung Matoa Wajo menjawab pertanyaan Arung Buttu, bahwa yang melawan Tellu Poccoe ialah La Maddukallang Arung Sengkang yang sekarang setiap kampung dimasuki dan rumah dibakar. Dimana Tellu Poccoe dibantu tentara dari Luwu, Mandar dan Buton, akan tetapi perlawanan La Maddukkallang Arung Sengkang tetap maju, malahan tentara kompeni Belanda di pukul mundur sampai Pallima dan merampas 2 buah meriam dan 100 pucuk senjata api.

La Tanro Arung Buttu berkata :
“ NAPASANGNGI TO MATOAKKU MAKKEDA AJA MUTTAMAI ASSISALANNA TAU AMBONNA NA ANANNA, LAKKANINNA NA BAINENA, PADA OROWANENA NA ANA’DARANNA. DESISENG NAWEDDING RIPASSARANG MATA MALOTONNA NA MATA MAPUTENA. NAIYA MADDUPANI ANANNA PALE WAJO NAEWA MAMMUSU TELLU POCCOE TARONA REWA LAO RI ENREKANG ”

Semoga Bermanfaat


Muhammad Iqbal M

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Alvaro AlanoTemplate by : Bugis777Powered by Blogger