ISTILAH BUGIS DI WIKIPIDEA ENCYCLOPEDIA

Sejarah tanah air dari Bugis adalah daerah sekitar Danau Tempe dan Danau Sidenreng di Walennae Depresi di barat daya Semenanjung. Di sinilah bahwa nenek moyang zaman sekarang Bugis menetap, mungkin pada pertengahan sampai akhir milenium kedua SM.

Daerah kaya ikan dan satwa liar dan fluktuasi tahunan dari Danau Tempe (a reservoir danau untuk Walennae Bila dan sungai) memungkinkan spekulatif basah menanam padi, sementara bukit-bukit dapat bertani dengan budidaya orshifting ladang, sawah, mengumpulkan dan perburuan . Sekitar tahun 1200 bergengsi ketersediaan barang-barang impor termasuk Cina dan Asia Tenggara keramik dan Gujarat print-blok tekstil, ditambah dengan yang baru ditemukan sumber bijih besi di Luwu mendorong revolusi agraria yang berkembang dari danau besar wilayah dataran rendah ke dataran di sebelah timur , selatan dan barat dari Walennae depresi. Hal ini menyebabkan selama 400 tahun dengan perkembangan kerajaan-kerajaan utama Sulawesi Selatan, dan transformasi sosial masyarakat terutama ke negara-proto hirarkis.

Present Lifestyle Kebanyakan saat ini sekarang Bugis mencari nafkah sebagai petani padi, pedagang atau nelayan. Wanita membantu dengan siklus pertanian dan bekerja di rumah. Beberapa wanita masih menenun sarung sutra dikenakan pada acara-acara meriah oleh laki-laki dan perempuan. Kebanyakan Bugis tinggal di rumah-rumah kaku, kadang-kadang tiga meter (9 kaki) atau lebih dari tanah, dengan dinding papan dan lantai. Selama musim berkembang beberapa anggota keluarga dapat tinggal di pondok kecil yang tersebar di antara ladang. Banyak pernikahan masih diatur oleh orangtua dan idealnya terjadi antara sepupu.

Seorang pasangan pengantin baru sering tinggal bersama keluarga istri untuk beberapa tahun pertama perkawinan mereka. Perceraian adalah cukup umum terjadi, terutama ketika pasangan suami-istri masih remaja mereka. Bugis 'diet terdiri dari beras, jagung, ikan, ayam, sayuran, buah-buahan dan kopi. Pada kesempatan perayaan, kambing disajikan sebagai hidangan istimewa. Seni visual dan pertunjukan, seperti tari dan pembacaan puisi dari epik sebagian besar telah digantikan oleh hiburan modern seperti karaoke.

Budaya yang Bugi juga mengakui lima jenis kelamin terpisah yang diperlukan untuk mempertahankan dunia dalam keseimbangan dan harmoni. Ini termasuk makkunrai (perempuan feminin), Calabai (feminin laki-laki), calalai (maskulin perempuan), oroané (maskulin laki-laki), dan bissu (mewujudkan baik laki-laki dan perempuan energi, dipuja sebagai dukun). Agama Bugis animistik dikonversi dari praktek-praktek adat dan kepercayaan Islam di awal 1600-an. Beberapa pantai barat penguasa agama Kristen di pertengahan abad keenam belas, tetapi kegagalan oleh Portugis di Malaka untuk memberikan imam berarti bahwa ini tidak bertahan lama.

Pada 1611, semua kerajaan-kerajaan Bugis Makasar dan telah masuk Islam, meskipun kantong-kantong animis Bugis Untuk Lotang di Amparita dan Makassar di Bulukumba Konja bertahan sampai hari ini. Praktek yang berasal dari periode pra-Islam juga bertahan hidup, seperti pemujaan leluhur dan roh kepemilikan. Meskipun praktek seperti itu kurang cenderung dilakukan oleh generasi sekarang seperti sekarang sebagian besar berpendidikan dalam Islam. Bugis Maritim di Asia Tenggara pada 1669 Kesimpulan dari perang saudara yang berkepanjangan menyebabkan diaspora dari Bugis dan mereka masuk ke dalam politik Semenanjung Malaysia dan Sumatra.

Di bawah pimpinan Daeng Parani, keturunan dari dua keluarga yang menetap di Selangor Linggi dan sungai-sungai dan menjadi kekuatan di balik tahta Johor, dengan penciptaan kantor Yang Dipertuan Muda (Yam Tuan Muda), atau Bugis underking.

Eksplorasi Laut dihormati sebagai pedagang dan pelaut, dan kadang-kadang takut sebagai petualang dan bajak laut, para pelaut Sulawesi Selatan tampak keluar, mencari harta mereka di seluruh kepulauan Indonesia. Sementara perdagangan adalah pelaut 'tujuan utama, di Makasar, Bajau, dan Bugis sering mengatur permukiman permanen, baik melalui penaklukan atau diplomasi, dan menikah dengan masyarakat lokal.

Namun, reputasi mereka sebagai pelaut tanggal untuk setelah 1670; paling Bugis itu, dan, beras petani. Bugis di Australia Utara Jauh sebelum penjajah Eropa memperluas pengaruh mereka ke perairan ini, di Makasar, yang Bajau, dan Bugis yang dibangun elegan, lautan schooners di mana mereka menghujani rute perdagangan. Pemberani dan perkasa, mereka berjalan sejauh timur seperti Kepulauan Aru, off New Guinea, di mana mereka diperdagangkan di kulit burung cendrawasih dan masoya obat kulit, dan bagian utara Australia, di mana mereka bertukar kerang, birds'-sarang dan ibu - mutiara untuk pisau dan garam dengan suku-suku Aborigin.

Produk-produk dari hutan dan laut bahwa mereka dibawa kembali itu rajin dicari di pasar dan entrepots Asia, di mana diperdagangkan Bugis untuk opium, sutra, katun, senjata api dan mesiu.

The Bugis pelaut meninggalkan bekas dan kebudayaan pada wilayah pantai utara Australia yang membentang lebih dari dua ribu kilometer dari Kimberley sampai Teluk Carpentaria. Selama ini bagian utara Australia, terdapat banyak bukti dari kehadiran Bugis yang signifikan. Ada sisa-sisa bangunan di pulau-pulau Bugis, Bugis kata-kata telah menjadi bagian dari bahasa-bahasa Aborigin dan Bugis laki-laki dan fitur kerajinan mereka dalam seni asli rakyat Arnhem Land.

Setiap tahun, Bugis pelaut akan berlayar ke bawah pada monsun barat laut Pinisi kayu mereka. Mereka akan tinggal di perairan Australia selama beberapa bulan untuk perdagangan dan mengambil teripang (timun laut atau kering) sebelum kembali ke Makassar pada musim kemarau angin lepas pantai. Perjalanan perdagangan ini terus berlangsung hingga 1907.

Semoga Bermanfaat


Muhammad Iqbal M

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Alvaro AlanoTemplate by : Bugis777Powered by Blogger